Cara-cara yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Online

Cara-cara yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Online

Apakah anda seorang karyawan yang mulai penat dengan rutinitas pekerjaan? Menghabiskan 8 jam tiap hari di kantor dengan tekanan dari atasan dan gaji yang tidak memadai. Dengan kondisi yang demikian, biasanya seorang karyawan akan terdorong memulai bisnisnya sendiri. Apalagi dengan zaman yang serba gadget ini, bisnis jadi lebih mudah dibuat tanpa membutuhkan modal. Cukup dengan bermodalkan smartphone dan media sosial, anda sudah dapat mempromosikan bisnis anda dengan skala luas. Namun sebelum anda memulai bisnis online ini, alangkah baiknya anda mengetahui dulu beberapa hal berikut :

  1. Memulai dengan mindset yang benar

Dalam mengawali sebuah bisnis tidak akan pernah mudah. Pasti akan ada banyak kendala yang dihadapi. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk memiliki pola pikir yang benar dalam menjalankan bisnis. Banyak orang menggebu-gebu di awal dalam menjalankan bisnis, mengharapkan hasil yang instan. Namun ketika dalam perjalanannya, ekspektasi itu tidak sesuai dengan realita. Bisnis tersebut menemui banyak kendala bahkan kegagalan. Akibatnya banyak sekali orang yang rontok di tengah jalan karena tidak kuat menghadapi hal tersebut.

Berdasarkan penjabaran di atas, memang memiliki pola pikir yang benar adalah sesuatu yang sangat penting. Hal ini dikarenakan pola pikir yang benar akan memampukan anda :

a. Menjaga ekspektasi 

Pola pikir yang benar akan membuat anda tetap stabil, tidak over confidence ataupun pesimis. Dengan demikian saat mengalami kendala dan kegagalan, anda tidak sampai mengalami kekecewaan yang mendalam. Anda sudah siap dengan kemungkinan terburuk. Namun tidak hanya sampai siap menerima kegagalan tapi juga pola pikir yang benar akan membuat anda tetap berusaha bangkit. Mendorong anda untuk tetap melihat kegagalan sebagai sebuah kesempatan untuk belajar dari kesalahan. Dengan kata lain pola pikir yang benar akan menjaga semangat juang anda untuk tetap menyala, sebanyak apapun kegagalan menerpa

b. Fokus pada bisnis yang ingin anda bangun

Seringkali dalam merintis sebuah bisnis, orang-orang jadi kehilangan fokus bagaimana membuat bisnisnya besar. Salah satu penyebab hilangnya fokus ini adalah merasa minder dan iri pada orang lain yang meraih kesuksesan dengan lebih cepat.  Iya, memang hal ini wajar dan manusiawi terjadi pada orang-orang yang sedang mengembangkan bisnis. Mungkin anda sudah mengeluarkan segala daya dan upaya dalam mengembangkan bisnis. Akan tetapi  ketika melihat orang lain yang seakan bisa lebih cepat sukses dengan effort(upaya) lebih sedikit membuat semangat anda runtuh. Di sinilah pola pikir yang benar berperan untuk menjaga hati anda dari iri hati dan menambahkan rasa syukur. Bukankah hidup akan terasa lebih ringan dan bebas bila tidak ada iri hati? Anda bisa lebih fokus mengerjakan bagian anda. Selain itu anda juga tidak akan gengsi untuk mau belajar dari orang-orang di sekitar anda yang sudah sukses.

  1. Menetapkan target pemasaran

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang yang akan memulai bisnis adalah mereka menetapkan produk/jasa yang ingin dipromosikan dalam bisnis onlinenya tanpa meriset kondisi sekitarnya. Sebuah produk/jasa pasti akan dicari orang apabila menjawab kebutuhan mereka pada saat itu. Jadi sebaik apapun produk/jasa yang anda tawarkan tapi tidak sesuai dengan kebutuhan orang-orang saat itu maka akan percuma saja. Oleh karena itulah riset itu penting supaya anda dapat merumuskan sebenarnya apa saja permasalahan atau tren yang sedang dicari orang-orang.  Selain dari pengamatan, riset juga bisa anda lakukan dengan cara mengumpulkan informasi saat berbincang-bincang dengan teman atau keluarga. Dengarkan soal produk yang sedang tren atau produk yang mereka harapkan. Berangkat dari data-data yang anda kumpulkan tersebut, anda sebenarnya sudah mendapatkan target pemasaran. Selanjutnya menetapkan produk/jasa yang ingin dijual juga akan lebih mudah.

  1. Memilih sistem penjualan yang sesuai dengan kebutuhan anda

Bila target pemasaran dan produk yang anda jual sudah dapat anda rumuskan secara jelas, sekarang  anda tentukan bagaimana memasarkannya. Bila anda belum punya cukup modal untuk mengusahakan barang jualan anda sendiri, anda bisa menjadi dropshipper. Sistem ini memposisikan anda sebagai agen yang menjualkan barang dari distributor secara online. Bila ada pesanan yang masuk, anda tinggal hubungi distributor yang bersangkutan. Selain itu anda juga tidak perlu pusing menyimpan stok barang, anda hanya memikirkan bagaimana mempromosikannya. Meskipun demikian, anda tetap harus cermat menentukan distributor untuk anda bernaung. Pastikan memiliki kredibilitas yang tinggi dalam menyediakan barang. Jangan sampai anda sering mendapat keluhan karena barang yang diperoleh konsumen tidak sesuai yang anda promosikan. Sedikit banyak keluhan-keluhan tersebut juga akan mempengaruhi kredibilitas anda sendiri nantinya.

Tentunya di era digital ini,  akun sosial media menjadi sangat penting dalam mempromosikan bisnis online.  Oleh karenanya pastikan anda melakukan posting barang/jasa yang anda jual secara konsisten. Dari pengalaman saya pribadi, instagram, facebook, dan whatsapp menjadi sosial media yang cukup potensial untuk promosi. Bahkan instagram dan facebook juga semakin memfasilitasi para penjual online lewat fitur paid promote. Dengan fitur ini, produk yang anda jual dapat tersebar dengan lebih luas. Lebih luas di sini maksudnya produk anda dapat dilihat tidak hanya oleh orang yang sudah berteman dengan anda saja. Untuk mengaktifkan fitur tersebut anda perlu menggunakan kartu kredit. Cara kerja fitur ini adalah sebagai berikut :

  1. anda setting wilayah/cakupan sampai sejauh mana produk anda ingin dipromosikan
  2. menentukan target /kalangan yang sesuai dengan produk yang anda jual. Penentuan ini berdasarkan parameter usia dan minat.
  3. Mengatur sampai berapa lama iklan anda akan beredar di marketplace instagram dan facebook
  4. Selanjutnya setelah uang ditransferkan lewat kartu kredit, algoritma instagram dan facebook akan mempromosikan produk ke target yang sudah anda tetapkan. Setelahnya tiap ada respon yang masuk, barulah jumlah uang yang sudah masuk akan dipotong sejumlah tertentu.

Selain akun sosial media, anda juga dapat memanfaatkan platform jual beli seperti lazada, blibli, tokopedia, dan bukalapak.

  1. Pisahkan antara rekening pribadi dengan bisnis

Kesalahan fatal yang sering dilakukan saat orang membangun bisnis online maupun offline adalah mencampuradukkan keuangan pribadi dan usaha. Akibatnya ketika bisnisnya mengalami kegagalan langsung menghantam penghidupan pribadi . Padahal seharusnya dalam membangun bisnis merupakan rencana jangka panjang sehingga membutuhkan persiapan yang matang. Salah 1 persiapan utama yang harus anda perhatikan adalah keuangan. Kalau memang keuangan anda hanya cukup untuk bisnis sederhana, ya sudah jangan dipaksakan. Lebih baik dari yang masih kecil anda tingkatkan sedikit-demi sedikit. Ingat bahwa salah 1 pola pikir yang benar dalam berbisni adalah tidak terbuai dalam angan-angan kesuksesan yang instan.

  1. Menjaga etika sebagai karyawan

Seringkali saat seseorang sudah keasyikan dengan bisnis sampingannya mengabaikan tugas dan etikanya sebagai karyawan. Salah 1 hal yang sering dilakukan adalah mencuri-curi waktu untuk mengurus bisnis online di tengah jam kerja kantor. Lebih parahnya ada yang menggunakan fasilitas perusahaan untuk bisnis pribadinya. Jelas ini tidak dibenarkan. Selain merugikan perusahaan, nama anda juga akan jelek di mata atasan dan rekan kerja. Maka dari itu bijaksanalah dalam membagi waktu supaya keduanya tetap berjalan maksimal.

Tinggalkan komentar