√ 5 Cara Cek Kesehatan Hardisk di Laptop PC Windows 7, 8, dan 10

Cara Cek Kesehatan Hardisk

Cek kesehatan hardisk anda sekarang juga untuk mengetahui apakah keadaan hardisk anda dalam keadaan baik-baik saja. Disini kita akan ulas secara lengkap bagaimana cara cek kesehatan hardisk yang baik dan benar.

Belakangan tahun ini, semakin banyak yang menggunakan laptop maupun komputer. Bahkan yang saya perhatikan, semakin banyak saja yang ingin merakit PC untuk menunjang aktivitas pekerjaan, gaming, atau pun sebagainya.

Nah di samping itu, masih banyak yang orang awam yang masih belum mengetahui bagaimana cara cek kesehatan hardisk yang baik dan benar. Mengingat hardisk merupakan salah satu komponen PC yang cukup penting, maka cara cek kesehatan hardisk ini sangat penting untuk anda ketahui loh.

Tapi sebelum itu apa anda sudah tahu manfaat cek kesehatan hardisk itu sendiri?

Apa Manfaat Cek Kesehatan Hardisk?

Sederhananya, ada beberapa poin penting :

  • Berguna pada saat anda ingin membeli hardisk second/bekas.
  • Memonitoring kesehatan hardisk.
  • Berjaga-jaga sekalian backup data penting jika kesehatan hardisk sudah mulai menurun.
  • Dapat menjadi nilai lebih jika anda ingin menjual hardisk bekas.

Sangat berguna bukan? Sekarang kita akan langsung masuk ke tahap cek kesehatan hardisk itu sendiri.

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop dan PC

Oh iya, sistem operasi windows apa yang anda gunakan tidak ada pengaruh signifikan disini ya, baik itu Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Jadi tidak perlu khawatir. Kebetulan disini saya menggunakan Windows 10.

1. Hard Disk Sentinel

Ya siapa yang tidak tahu aplikasi populer ini? Hard disk sentinel sangat terkenal dalam hal pengecekan kesehatan hardisk. Dengan aplikasi ini, kita dengan mudah dapat mengetahui apakah suatu hardisk PC itu telah rusak atau tidak.

Selain itu, kita juga dapat mengetahui indikator umur harddisk itu sendiri. Seperti fitur Power On Time dan Estimated remaining lifetime (berapa lama hdd dapat digunakan lagi).

Masih ada juga fitur lain seperti untuk mengatur partisi drive kita.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? caranya gampang kok. Ikuti tutorial berikut.

Cara Menggunakan Hard Disk Sentinel :

  1. Pertama, pastikan anda sudah download aplikasinya pada situs resmi mereka [GRATIS].
  2. Jika sudah, install seperti biasa (Saya yakin anda sudah tahu cara menginstall aplikasi).
  3. Buka Hard disk sentinel tersebut.
  4. Di sebelah kiri anda bisa melihat daftar Disk apa saja yang ada pada perangkat anda. Pilih disk yang ingin anda lihat.
cara cek kesehatan hardisk dengan hard disk sentinel
  1. Anda akan menemukan Indikator Performance dan Health disana. Perhatikan indikator health itu, semakin rendah angka persenannya maka kesehatannya sudah menurun.
  2. Performance artinya seberapa bagus performa hdd dalam membaca file yang ada.

Baca Juga : Cara Partisi Hardisk

2. HDTune

Yang kedua adalah aplikasi HDTune. Saya pribadi sering menggunakan aplikasi ini. Mengapa demikian? jawabannya karena aplikasi ini sangat akurat. Bahkan selain untuk cek kesehatan hardisk, kita juga bisa melakukan scan error pada disk milik kita. Silahkan Download HDTune pada situs resmi mereka. Pilih yang Pro saja, gratis dan trial selama 15 hari.

Cara Menggunakan HDTune untuk Cek Kesehatan Hardisk :

  1. Jika sudah terdownload, install seperti biasa.
  2. Buka aplikasi HDTune tersebut.
  3. Disana, anda akan segera menemukan banyak indikator yang menandakan hardisk kita. Arahkan kursor anda ke atas untuk memilih Disk yang ingin anda cek.
cara cek kesehatan hardisk dengan HDTune
  1. Apabila sudah, masuk ke Tab Health. Disana akan melihat kesehatan hardisk anda. Perhatikan jika ada yang error, biasanya akan ditandai dengan warna-warna tertentu.
  2. Contohnya punya saya diatas berwarna biru, Ada attention sebanyak 1 data. Interface CRC Error Count artinya ada indikasi kabel SATA yang longgar.
  3. Selanjutnya, masuk ke tab Error Scan. Centang Quick Scan dan Pilih Start.
  4. Tunggu hingga selesai. Jika normal maka akan muncul kotak berwarna hijau yang berarti OK. Sebaliknya, jika ada bad sector ditandai dengan kotak berwarna merah.

Sudah tahu Cara Menghapus Cache? Yuk Kenali Cara Menghapus Cache di Laptop

3. CMD (Command Prompt)

CMD sendiri merupakan fitur command ada pada bawaan sistem operasi Windows. Nah ini bisa anda coba pada sistem operasi windows. Karena caranya cukup simple dan juga cepat. Biasanya saya juga akan menggunakan ini sebagai bahan perbandingan saja dengan Aplikasi pengecek kesehatan hardisk.

Command yang akan kita gunakan adalah WMIC. Perintah WMIC ini menggunakan teknologi S.M.A.R.T (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) yang biasanya terdapat juga pada aplikasi pengecekan hardisk. Yuk silahkan dicoba.

  1. Pertama, pada kolom search windows ketikkan “CMD” (tanpa tanda petik).
cara mengecek kesehatan hardisk dengan cmd
  1. Selanjutkan ketikkan “wmic“. Kemudian Enter.
  2. Lanjutkan lagi dengan mengetikkan “diskdrive get status“. Lalu Enter.
  3. Apabila muncul status OK maka selamat, hardisk anda dalam keadaan baik-baik saja. Tapi jika ada Pred Fail maka ada kemungkinan bad sector pada hardisk anda.
cara mengecek kesehatan hardisk dengan cmd2

4. CrystalDiskInfo

Selain HDTune, biasanya saya juga menggunakan CrystalDiskInfo untuk memonitoring hardisk. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan User Interface yang mudah dipahami. Dan kabar bagus nya lagi, aplikasi ini 100% gratis.

Selain mengecek kesehatan HDD, aplikasi ini juga bisa memeriksa apakah suatu hardisk itu benar-benar baru dengan indikator Power on Count dan Power on Hours. Silahkan Download CrystalDiskInfo melalui website mereka.

Cara Menggunakan CrystalDiskInfo :

  1. Install Aplikasi tersebut seperti biasa.
  2. Buka aplikasinya.
  3. Di halaman depan, anda akan segera menemukan Health Status.
  4. Contohnya disini punya saya di indikasikan dengan Good yang artinya kesehatan HDD saya masih bagus.
cara cek kesehatan hardisk dengan crystaldiskinfo
  1. Oh iya, untuk mengganti Disk. Silahkan klik pada Kolom dibawah File.
  2. Nah disana, anda akan menemukan sebuah tabel yang isinya mungkin tidak anda mengerti. Tidak perlu khawatir, yang penting anda sudah tahu kesehatan hardisk anda.

5. Cek melalui Fisik Hardisk

Nah selain menggunakan software. Sebenarnya kita juga bisa memeriksa kesehatan HDD ini dengan fisiknya secara langsung loh. Ada beberapa poin yang perlu anda ketahui :

  • Pada saat dioperasikan dan membaca file, apabila ada bunyi “Krek Krek” maka bisa pastikan HDD tersebut sudah Bad Sector.

Indikasi lain selain bunyi tersebut, pada saat dihidupkan dan booting, mungkin akan terasa sangat lama. Dan tidak masuk-masuk ke menu desktop. Nah untuk berjaga-jaga, secepat mungkin backup data anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari pengalaman saya, biasanya ciri-ciri seperti diatas umur HDD tidak akan lama lagi.

Tips Menghindari Hardisk Bad Sector

Mungkin anda sekarang berpikir bagaimana cara menghindari HDD agar tidak bad sector? Berikut yang bisa saya jabarkan untuk anda.

  • Jika anda menggunakan Komputer/PC, maka pastikan Power Supply yang anda gunakan berkualitas, dan setidaknya ada sertifikat standar 80+. Pilih brand-brand PSU yang terpercaya seperti Seasonic.
  • Sebisa mungkin atasi listrik yang tidak stabil. Gunakan stabilizer yang bagus. Karena PSU itu merupakan jantung dari PC itu sendiri. Jadi, jika HDD tidak mendapat suplai listrik yang baik, maka HDD cepat atau lambat dapat terkena Bad Sector.
  • Gunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk menghindari listrik yang tiba-tiba mati. Pada saat listrik mati, maka komponen pertama yang akan terpengaruh yaitu HDD.
  • Bagi pengguna Laptop, usahakan jangan menggeser laptop dengan berlebihan. Karena HDD bisa saja terguncang dengan sangat keras.

Penutup

Nah demikian dari 5 Cara Cek Kesehatan Hardisk yang bisa saya sampaikan untuk anda. Sebisa mungkin monitoring hardisk anda minimal sebulan sekali. Nah bagi anda yang ingin menjual atau membeli Hardisk, sebaiknya cek dahulu dengan aplikasi diatas ya. Sebenarnya, selain menggunakan fitur CMD ada lagi yang menggunakan BIOS, tapi saya lebih cenderung menggunakan software. Semoga Hardisk anda dalam keadaan baik-baik saja, Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar