Membuat Daftar Isi dengan Mudah Melalui Fitur Microsoft Word

Membuat Daftar Isi dengan Mudah Melalui Fitur Microsoft Word

Untuk membuat daftar isi sebuah dokumen, kamu bisa menggunakan cara membuat daftar isi manual atau dengan cara otomatis. Akan tetapi jika kamu ingin daftar isi dengan cara manual maka ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Membuat daftar isi dengan cara manual

Untuk kamu yang belum tahu dan belum mengerti cara membuat daftar isi secara otomatis, maka kamu pasti merasa membuat daftar isi dengan cara manual lebih mudah bukan? Sayangnya membuat daftar isi dengan cara manual ini sesungguhnya sangat menyulitkan. Kekurangan membuat daftar isi dengan menggunakan cara manual ini antara lain adalah :

·       Sifatnya yang kaku 

Kekurangan dari pembuatan daftar isi dengan menggunakan cara manual adalah sifatnya yang kaku. Daftar isi yang dibuat dengan menggunakan cara manual tidak akan berubah saat kamu melakukan revisi untuk halaman kamu.

Kamu harus meneliti kembali daftar isi kamu saat membuat daftar isi dengan cara manual. Hal ini akan membuat pekerjaan pembuatan laporan kamu makin memusingkan.

·       Tampilan tidak rapi 

Kekurangan lain membuat daftar isi dengan cara manual adalah tampilan yang tidak rapi. Ketika kamu akan membuat daftar isi dengan sistem manual, maka kamu harus membuat tampilan daftar isi ini secara manual juga. Sayangnya tampilan ini akan membuat tampilan daftar isi kamu tidak rapi.

·       Repot 

Membuat daftar isi dengan menggunakan cara manual juga sangat merepotkan. Kamu harus melihat satu persatu halaman dan mencocokkannya. Jika laporan kamu hanya 10 halaman, kamu tidak bisa membuat daftar isi manual tanpa repot.

Tapi bayangkan jika kamu sedang menyusun laporan atau skripsi dengan jumlah halaman ratusan? Membuat daftar isi untuk laporan ini pasti akan membuat kamu pusing tujuh keliling.

Keuntungan membuat daftar isi dengan menggunakan fitur otomatis dari Microsoft Word

Jika kamu membuat daftar isi dengan menggunakan fitur otomatis dari Microsoft Word maka kamu akan mendapatkan banyak kemudahan. Kemudahan ini antara lain adalah :

·       Kemudahan dalam pembuatannya

Untuk membuat daftar isi dengan fitur dari Microsoft Word maka kamu hanya akan membutuhkan beberapa klik untuk bisa menampilkan daftar isi ini. Daftar isi otomatis ini juga akan membuat halaman dengan otomatis tanpa perlu kamu pusingkan.

·       Kemudahan dalam hal update

Jika kamu akan membuat daftar isi dengan menggunakan fitur otomatis dari daftar isi, kamu bisa melakukan update dengan mudah. Menyisipkan text pada dokumen lama kamu, tidak lagi memusingkan jika kamu membuat daftar isi dengan menggunakan fitur otomatis dari Microsoft Word.

·       Bebas ribet

Bukan hanya pembuatannya yang hanya dalam sekali klik, masalah pengaturan kerataan dan juga format pembuatan daftar isi juga dibuat langsung oleh fitur otomatis. Hal ini membuat daftar isi kamu akan terlihat lebih rapi.

Faktor yang penting untuk membuat daftar isi dari Microsoft Word

Untuk kamu yang ingin membuat daftar isi dengan menggunakan fitur otomatis dari Microsoft Word, kamu akan mendapatkan banyak kemudahan dan keuntungan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi ada juga beberapa faktor yang harus kamu perhatikan untuk membuatnya.

·       Faktor page number 

Faktor utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan daftar isi otomatis ini adalah mengenai pemberian halaman pada halaman laporan kamu. Untuk membuat daftar isi secara otomatis, penomoran halaman di laporan kamu juga harus dilakukan dengan cara otomatis.

Pembuatan halaman di laporan dengan cara otomatis ini mungkin sedikit ribet karena banyak format yang harus kamu perhatikan. Akan tetapi jika kamu ingin membuat laporan kamu lebih teknis dan lebih menarik dari segi kerapian dan kemudahannya, kamu harus membuatnya penomoran dengan sistem otomatis.

Selain memberikan kemudahan dalam cara membuat daftar isi otomatis, penomoran ini juga bisa membantu memudahkan pembuatan daftar gambar dan daftar tabel. Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat nomor halaman ini, kamu bisa cek artikel kami sebelumnya. Artikel kami memberikan langkah-langkah lengkap untuk membuat ragam jenis format halaman di laporan kamu.

·       Faktor headings

Hal lain yang penting untuk diperhatikan untuk kamu yang ingin membuat daftar isi dengan cara otomatis adalah memperhatikan masalah heading. Heading adalah sebuah fitur dari Microsoft Word untuk membedakan format bab dan subbab utama untuk memudahkan pencarian.

Biasanya bab besar dalam sebuah laporan seperti BAB I Pendahuluan akan memiliki format heading 1, selanjutnya sub bab akan diberikan heading 2 dan selanjutnya. Membuat heading ini sangat penting agar daftar isi kamu bisa dibuat dengan otomatis.

Untuk membuat heading ini juga sedikit banyak pekerjaan. Kamu harus mengubah format heading sesuai dengan unsur format sesuai dengan yang kamu inginkan. Mulai dari jenis font, ukuran font dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meski agak ribet, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan jika membuat heading ini. Selain memudahkan untuk membuat daftar isi, jika kamu ingin melakukan perubahan pada laporan kamu untuk bagian tertentu, kamu bisa mengaksesnya lebih mudah dari navigasi heading yang kamu dapatkan dari Microsoft Word.

Membuat daftar isi dengan fitur otomatis dari Microsoft Word

Untuk kamu yang ingin menggunakan fitur Microsoft Word untuk membuat daftar isi ini, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buat nomor halaman dengan otomatis menggunakan fitur page number
  • Klik halaman kosong untuk membuat daftar isi
  • Klik references
  • Klik table of content
  • Klik format daftar isi yang kamu inginkan

Update daftar isi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan jika membuat daftar isi dengan sistem otomatis adalah mengenai kemudahan update. Jika kamu membuat laporan dan laporan kamu dievaluasi dan harus melakukan revisi, perubahan mungkin terjadi pada halaman laporan kamu.

Bab II yang awalnya ada di halaman 11 bisa jadi menjadi halaman 12 atau halaman lain jika kamu melakukan revisi. Perubahan salah satu halaman akan membuat halaman di belakangnya ikut mengalami perubahan. Oleh karena itu, jika laporan kamu punya halaman yang sangat banyak update halaman ini akan sangat memusingkan bukan?

Nah, dengan menggunakan fitur daftar isi kamu bisa melakukan update dengan lebih murah. Untuk melakukan update daftar isi setelah di revisi kamu hanya perlu klik daftar isi kamu dan klik fitur update yang ada di bagian kiri atas pojok daftar isi kamu.

Dengan klik ini, kamu bisa mengupdate seluruh halaman kamu dengan mudah. Oh ya, kamu juga bisa memilih update yang kamu inginkan. Bisa update halaman saja atau bisa juga update seluruh table termasuk heading bab yang kamu lakukan.

Nah, bagaimana sangat mudah dan sangat menguntungkan bukan cara membuat daftar isi dengan menggunakan fitur otomatis dari Microsoft Word? Jadi jangan ragu untuk belajar ya! Karena pengetahuan ini akan sangat bermanfaat baik di masa kini maupun di masa depan.

Tinggalkan komentar