Membuat Halaman Otomatis di Microsoft Word dan Keuntungannya

Membuat Halaman Otomatis di Microsoft Word dan Keuntungannya

Untuk memberikan halaman pada dokumen di Microsoft Word memang sangat mudah. Akan tetapi ada beberapa cara membuat halaman di Word yang mungkin akan kamu butuhkan untuk memberikan variasi seperti penomoran halaman tersebut. Mulai dari membuat posisi yang berbeda, hingga jenis huruf yang digunakan untuk membuat halaman yang berbeda.

Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat halaman yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu di Microsoft Word, berikut ini adalah ulasannya.

Jenis-jenis penomoran halaman di Microsoft Word

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika kamu akan membuat penomoran di halaman Microsoft Word, ada jenis penomoran yang bisa kamu pilih. Jenis penulisan halaman ini disesuaikan dengan kaidah penulisan umum sebuah dokumen. Jenis penulisan halaman ini antara lain adalah :

·       Penulisan halaman bagian paling bawah halaman

Ketika kamu membuat halaman yang memuat judul dari sebuah bagian, misalnya halaman daftar isi, halaman pertama dari pertama, kedua, dan seterusnya hingga daftar pustaka, posisi penomoran halaman yang paling tepat untuk jenis halaman ini adalah paling bawah di tengah.

·       Penulisan halaman di bagian kanan atas atau kanan bawah

Penulisan halaman di bagian kanan atas atau kanan bawah merupakan penulisan halaman yang cocok untuk bagian isi dari sebuah BAB.

·       Penulisan halaman dengan menggunakan angka Romawi

Penulisan halaman seperti ini adalah penulisan halaman yang digunakan untuk bagian dokumen sebelum masuk ke babak pertama. Biasanya angka romawi digunakan untuk bagian sampul judul hingga bagian daftar isi.

·       Penulisan halaman dengan menggunakan angka latin

Penulisan halaman dengan menggunakan angka ini digunakan untuk bagian bab 1 hingga bagian daftar pustaka. Angka latin adalah angka yang umum kita gunakan yaitu 1, 2, 3, dan seterusnya.

Karena pengaturan penulisan halaman yang cukup rumit ini, penulisan halaman dengan menggunakan Microsoft Word memang seringkali membuat pengguna merasa kesulitan. Jika kamu juga merasa sulit dan bingung dalam pembuatan halaman di Word kamu, berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan halaman di Word yang bisa kamu ikuti.

Teknik memberikan halaman dasar untuk halaman dokumen kamu

Sebelum kamu memberikan halaman dengan kebutuhan halaman kamu. Kamu harus tahu dahulu bagaimana cara membuat halaman di dokumen secara basic. Untuk membuat halaman secara basic ini berikut ini langkah yang harus kamu lakukan adalah :

  • Klik header atau footer dari dokumen kamu
  • Klik insert
  • Cari submenu page number
  • Kemudian pilih posisi halaman yang kamu inginkan apakah kamu ingin memberikan halaman di bagian paling atas paling bawah dan posisi kanan tengah atau kiri.
  • Di sini kamu akan mendapatkan nomor halaman dengan menggunakan angka latin 1, 2, 3 hingga akhir halaman kamu.

Membuat halaman judul sesi yang berbeda

Biasanya halaman judul dari tiap sesi seperti dalam sebuah dokumen resmi tidak akan memiliki posisi yang sama. Contohnya adalah halaman pertama dari BAB I, II atau III. Hal ini merupakan format umum dan wajib kamu ikuti. Untuk kamu yang ingin membuat halaman judul sesi ini, berikut langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Klik page number yang sudah kamu buat sebelumnya
  • Klik different first page
  • Klik page number
  • Klik Bottom of page
  • Klik halaman di bagian tengah bawah

Dengan cara ini, halaman pertama dari setiap sesi yang kamu miliki secara otomatis akan berada di bagian bawah tengah halaman.

Mengubah halaman awal menjadi angka Romawi

Jika kamu ingin membuat halaman dengan angka romawi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Klik insert
  • Klik page number
  • Klik format page number
  • Pilih number format ke angka Romawi
  • Klik ok

Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan angka romawi untuk halaman kamu. Jika kamu ingin membuat halaman judul kamu tidak memiliki tulisan halaman tapi masih dianggap sebagai sebuah halaman, kamu bisa masuk ke pilihan berikut ini :

  • Klik page number yang sudah kamu buat sebelumnya
  • Pada halaman desain, pilih page number
  • Klik remove page number

Langkah di atas akan membantu kamu untuk menghilangkan page number pada halaman yang ingin kamu hilangkan seperti page number dari halaman judul.

Membuat penomoran yang berbeda untuk halaman dengan nomor Romawi dan nomor latin

Untuk membuat penomoran yang berbeda pada dokumen kamu, caranya adalah dengan membuat sesi yang berbeda pada halaman awal dokumen dan halaman isi dokumen. Jika kamu sudah membuat halaman dengan menggunakan penomoran Romawi (i, ii, iii, dst) kamu tidak bisa melanjutkan halaman isi dengan huruf romawi. Untuk membuat halaman bab 1 dengan penomoran latin (1, 2, 3, dst), berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti :

  • Klik halaman terakhir di mana kamu ingin membuat halaman dengan angka Romawi
  • Klik out
  • Cari sub menu brakes
  • Pilih menu next page
  • Jika sudah, kamu bisa klik di halaman header dan footer dan melihat keterangan header dan footer di dokumen kamu.

Note : Ketika digunakan dengan baik, halaman awal dokumen akan memiliki keterangan header section 1 dan footer section 1 sedangkan halaman yang sudah dipisahkan dengan menggunakan fitur brakes akan memiliki tulisan header section 2 dan footer section 2.

  • Untuk cara membuat halaman di Word section dua dengan menggunakan angka latin, kamu bisa klik sub menu page number dan klik format page number.
  • Klik number format dan pilih angka latin satu, dua, tiga,…
  • Lalu pilih start at 1
  • Dan klik ok

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mendapatkan halaman isi dokumen dengan angka 1, 2 dan 3 sebagai angka halamannya. Bagaimana sangat mudah bukan?

Tujuan menggunakan fitur page number untuk penomoran halaman dokumen kamu

Sesungguhnya membuat halaman dengan menggunakan cara manual juga bisa kamu lakukan, akan tetapi hal ini akan membuat kamu kesulitan saat harus membuat daftar isi untuk dokumen kamu. Membuat daftar isi secara manual merupakan salah satu hal yang cukup sulit. Terlebih jika dokumen kamu masih banyak direvisi.

Revisi pada dokumen kamu akan menyebabkan daftar isi di dokumen kamu berubah. Jika dokumen kamu hanya memiliki 10 halaman, update daftar isi secara manual tidak akan menyulitkan. Tapi jika dokumen kamu adalah dokumen dengan jumlah halaman ratusan, membuat daftar isi secara manual akan sangat memusingkan.

Jika kamu membuat nomor pada halaman dengan menggunakan cara di atas, kamu bisa membuat daftar isi dengan sangat mudah. Kamu bisa membuat daftar isi dengan satu kali klik dan melakukan update pada daftar isi kamu dengan mudah juga.

Bukan hanya daftar isi, jika dokumen kamu direvisi kamu juga harus mengubah seluruh daftar tabel dan daftar image yang ada di dalam dokumen kamu. Hal inilah yang membuat pembuatan halaman dokumen dengan cara membuat halaman di Word di atas merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Tinggalkan komentar