Petunjuk Cara Membuat Google Form

Petunjuk Cara Membuat Google Form

Ada banyak layanan yang diberikan oleh Google. Bahkan di Google sendiri juga memiliki cukup banyak fitur yang memudahkan segala pekerjaan yang akan Anda lakukan. Salah satu fitur yang diberikan adalah Google Form. Apa itu Google form? Bagaimana cara membuat Google form?

Apa Itu Google Form?

Google form sendiri adalah salah satu layanan Google yang akan memudahkan banyak orang untuk membuat beberapa hal. Seperti digunakan untuk membuat survey, tanya jawab, dan lain sebagainya. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari beberapa orang yang mengisi survey.

Google saat ini memang melakukan banyak inovasi yang mereka miliki. Baik itu Google docs yang di dalamnya juga menyediakan Google form. Fungsi lain dari Google form juga bisa digunakan untuk banyak hal.

Baik itu membuat kuesioner, membuat quick count pendapat, formulir pendaftaran online, dan masih banyak lainnya.

Apa Fungsi dari Google Form?

Mungkin banyak yang bertanya, apa sebenarnya manfaat dan fungsi dari Google form sendiri? Beberapa contoh diantaranya tentu memudahkan banyak orang untuk mengumpulkan data. Namun, apa alasan mengapa harus menggunakan Google form?

Tentu jawabannya karena Google form sendiri bisa mengumpulkan data dengan baik. Bahkan data yang dihasilkan nantinya juga sesuai atau real time.

Sehingga nantinya Anda tidak membutuhkan banyak tenaga dan juga waktu untuk melihat beberapa pertanyaan dan jawaban dari kuesioner yang dibagikan. Apalagi berbeda dengan sistem kuesioner secara langsung yang bisa dibilang cukup menyulitkan.

Mudahnya Menggunakan Google Form

Teknologi masa kini memang memudahkan banyak orang apalagi dalam menggunakan Google form. Dengan menggunakan Google form sendiri, Anda hanya perlu membagikan link yang sudah dibuat. Kemudian, Anda bisa membagikan ke beberapa orang untuk mengisi kuesioner Anda secara online dan gratis.

Dengan menggunakan Google form pastinya Anda tidak akan membuang banyak kertas, tinta bahkan tenaga. Apalagi yang tidak kalah penting, ada sejumlah data-data kuesioner yang akan Anda ajukan sekaligus bisa terjamin keamanan yang diberikan.

Sehingga Google form akan secara otomatis menyimpan data pada Google drive secara otomatis. Apalagi sejumlah data tersebut tidak akan pernah hilang. Ada beberapa rangkaian lainnya dari aplikasi Google form yang bisa digunakan.

Baik itu documents, spreadsheet maupun slide yang bisa mengerjakan tugasnya dengan gratis.

Mengenal Sejarah Terbentuknya Google Forms

Sebelum mengetahui bagaimana cara pembuatan Google forms sendiri, Anda wajib memahami sejarah terbentuknya Google forms sendiri. Untuk Google forms sendiri pada awalnya dimulai dengan beberapa fitur Google spreadsheet pada tahun 2008.

Kemudian, di 2 tahun setelahnya, Google akan menambahkan fitur formulir ke spreadsheet dengan lembar yang saling terpisah.

Tidak lama kemudian, Google menambahkan banyak fitur ke form. Kemudian, Google sendiri akan mengubah aplikasi mandiri pada awal tahun khususnya di tahun 2016. Anda juga bisa melakukan penambahan beberapa jenis pertanyaan standar. Baik itu fitur drag, drop dan lainnya.

Mengenal Bagaimana Cara Membuat Google Forms

Lalu, bagaimanakah cara untuk membuatnya? Nah, simaklah berikut ini informasi tentang cara membuat Google form:

  • Buka google.com. Kemudian klik blank atau bisa juga dengan memilih template.
  • Kemudian, dari google.com Anda pilih new, kemudian lainnya. Nantinya di samping Google forms, arahkan ke panah bagian kanan dan klik blank form atau form a template.
  • Anda bisa memberikan nama sesuai dengan yang diinginkan. Pemberian nama ini berada di bagian pojok kiri atas. Kemudian pilih untitled form atau nama formulir template. Anda juga bisa menambahkan nama baru.
  • Anda juga bisa menambahkan deskripsi. Deskripsi ini terletak pada bagian bawah nama form, kemudian pilih tambahkan teks Anda.
  • Kemudian pilih warna latar belakang maupun tema. Anda bisa memilih sesuai dengan yang Anda inginkan dan juga Anda butuhkan. Pilih pada bidang formulir untuk melakukan pengeditan bahkan bisa menambahkan pertanyaan juga pada formulir yang Anda buat.
  • Anda juga bisa menggunakan kotak dropdown pada bagian field untuk memilih jenis yang Anda butuhkan. Baik itu pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat dan lainnya.
  • Nantinya Google form juga menawarkan banyak pengaturan. Khususnya toolbar yang ada di sebelah kanan bisa menambahkan bidang pada formulir yang Anda buat.
  • Pada bagian menu kanan atas, Anda juga bisa mengubah warna form, pratinjau form dan lain sebagainya.
  • Nantinya Anda juga bisa berpindah-pindah dari tab pertanyaan ke tab responses untuk melihat sejumlah tanggapan dari formulir yang Anda bagikan.

Cara Menambahkan Pertanyaan Pada Google Forms

Di atas adalah beberapa petunjuk tentang bagaimana cara untuk membuat sebuah formulir khususnya dari Google form. Setelah itu, ada beberapa pilihan lain di mana Anda bisa menambahkan pertanyaan yang ada pada Google form. Nah, untuk beberapa caranya diantaranya adalah:

  • Pilih untitled question kemudian masukkan pertanyaan tambahan yang akan Anda buat.
  • Jika Anda ingin mengubah jenis pertanyaan, maka pilih panah ke bawah.
  • Anda bisa menambahkan pilihan respon. Tentunya yang sudah sesuai dengan pertanyaan yang Anda buat.
  • Kemudian untuk menentukan apakah harus menjawab pertanyaan, Anda bisa memilih required. Jika ingin menambahkan banyak pertanyaan, maka bisa memilih salah satu pilihan.
  • Lalu, Anda bisa menambahkan beberapa pertanyaan baru dengan memilih “Add Question”.
  • Kemudian untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada dengan memilih duplicate. Perubahan nantinya akan disimpan secara otomatis. Untuk melihat pratinjau, maka Anda bisa memilih di bagian kanan atas dengan klik pratinjau.
  • Google form sendiri bisa mencakup 12 jenis fitur. Di mana hal ini terdiri dari 9 jenis pertanyaan, baik itu bidang teks, foto dan juga video.
  • Kemudian, pilih ikon (+) tambah di bagian kanan untuk bisa menambahkan pertanyaan baru. Kemudian bisa memilih juga ikon teks, foto bahkan video untuk menambahkan media pada form yang Anda buat.
  • Sejumlah fitur mencakup sejumlah tombol salin untuk menduplikat dengan cepat. Bahkan ada juga tombol untuk memilih hapus dan menu dengan pilihan tambahan pada bagian sisi kanan.
  • Anda juga bisa mengganti beberapa jenis pertanyaan kapan pun. Dengan begitu, pengaturan form nantinya bisa diatur ulang. Syaratnya jika beralih dari pilihan ganda, kotak centang, bahkan menu ke jenis pertanyaan lainnya.
  • Kemudian, untuk cepat mengisi pertanyaan di bagian kolom, Anda bisa memilih enter untuk bisa menambahkan yang lain-lainnya.

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa Anda pahami tentang salah satu informasi tentang bagaimana cara membuat Google form. Setelah mengetahui bagaimana cara membuatnya, maka Anda bisa mengirimkan Google form yang sudah dibuat.

Untuk mengirimkan Google form, maka Anda bisa memilih di bagian kanan atas kemudian pilih send atau kirim. Beberapa link yang tersedia nantinya bisa kalian bagikan ke sosial media maupun lainnya. Jadi, beberapa orang yang akan kalian bagikan link ini bisa mengisi formulir dengan mudah.

Tinggalkan komentar