Rahasia di Balik Bisnis Modal Kecil yang Labanya Continue

Wabah corona yang sudah lebih dari satu tahun ini berjalan membuat perekonomian semakin merosot. Banyak muncul pedagang muda yang merintis usaha untuk bertahan hidup. Rata-rata mereka mencoba dagangan apapun dengan modal kecil, sehingga ada yang sudah melanjutkan dengan bisnis yang besar namun juga ada yang kolaps. 

Ingin tahu rahasia berkembangnya bisnis modal kecil?

  1. Lihat Potensi Pasar

Zaman Corona semua orang memang merasakan rasa putus asa karena menganggap semua sulit. Tapi, cepat lambat jika Anda peka dengan kebutuhan yang pokok maka mulailah untuk action. Anda bisa melihat di grup penjualan atau pasar kira-kira barang apakah yang cepat sekali habisnya dan memiliki peluang eksistensi lama. Tidak selalu yang berhubungan dengan bahan pokok ya tetapi Anda bisa juga kreasikan dengan makanan atau minuman lainnya

Satu hal lagi, utamakan harga bersahabat karena wabah corona belum usai sehingga membuat mayoritas orang mencari sesuatu yang hemat. 

  • Kenali Resiko

Dalam memulai sebuah usaha, Anda wajib memikirkan resiko yang akan dihadapi. Jangan takut akan resiko usaha seperti kompetitor saingan harga, produk rusak, kendala alam, kesehatan, agen kiriman yang tertunda dan sebagainya. Langkah demi langkah, harus dipahami dan nantinya akan menemukan solusi tentang bagaimana cara menghadapinya. 

Setelah Anda tahu resiko, siapkan mental Anda untuk memasuki dunia bisnis modal kecil ya.

  • Jangan Hanya Satu Usaha

Melihat kondisi pasar saat ini yang begitu labil, ada baiknya jika Anda memperbanyak usaha kecil. Sebagai contoh, Anda membuka usaha makanan untuk anak-anak sempolan, tambah lagi dengan jus buah, cilok atau cemilan lainnya yang banyak laku. Semua makanan tersebut tidak membutuhkan modal terlalu banyak namun bisa menghasilkan laba hingga 70%. 

Mengapa dianjurkan untuk menambah usaha?

Karena, saat ini orang lebih cepat merasa bosan dengan hal stagnan. Tidak bisa dipungkiri semakin canggih dan majunya zaman maka semakin mudah bosan. Anda perlu mengikuti tren yang ada. 

  • Keuangan Dibukukan dengan Seksama

Besar kecilnya sebuah usaha akan tergantung pada proses pengaturan keuangan Anda. Usaha besar dengan laba menumpuk jika tidak diatur dengan rinci maka yang ada hanyalah gulung tikar. Sebagaimana terjadi jika bisnis modal kecil diatur dengan baik maka lekas terkumpul dan berkembang. 

Untuk mengelola keuangan dengan baik, Anda cukup pisahkan dahulu modal utama dan laba. Anda siapkan dan tulis apa saja produk yang laku dengan labanya dalam setiap kali jualan. Setelah itu, closingan akhir bulan untuk memprediksi penjualan bulan berikutnya.

Jangan terburu nafsu dahulu untuk membeli sesuatu yang belum menjadi prioritas. Tunda hingga usaha yang Anda jalankan mendapatkan tabungan ekstra. Gunakan keuangan ekstra untuk mengembangkan lagi usaha lainnya agar Anda mendapatkan tabungan lagi. 

  • Ikuti Alur Dunia Maya

Dalam menjalankan bisnis modal kecil, salah satu sasarannya adalah konsumen. Mudah saja ketika Anda ingin laku produknya tinggal cari sebanyak mungkin konsumen. Anda bisa gunakan marketplace gratis, perbanyak kontak, dan masuk ke grup. Beberapa poin tersebut masih belum cukup untuk mendapatkan konsumen, Anda wajib lakukan saingan harga atau diskon kepada calon konsumen. 

  • Jangan Lelah untuk Melayani

Konsumen memiliki banyak karakter, ada yang mudah dan ada yang ribet namun jangan menyerah dan putus asa. Jika satu konsumen Anda kabur maka cari lagi. Buatlah nyaman dahulu dengan mengajak ngobrol sebuah basa basi atau kesukaan mereka. 

Yakinlah jika layanan yang Anda berikan baik maka konsumen akan enggan untuk pindah ke lain tempat. Satu hal lagi, ikuti mood konsumen dari cara mereka membalas obrolan. Apabila nampak lama dan sedikit berbeda maka jangan memaksa. 

  • Selalu Berfikir Maju

Konsep bisnis dengan modal kecil tidak selamanya minus artinya kelak juga akan ada masa hilang. Janganlah Anda berfikir ke arah sana, sebagai contoh jajanan pasar yang dari jaman kuno hingga sekarang masih terus eksis di lidah warga kita padahal banyak saingan makanan ala mancanegara. Eksistensinya dibuat mindset bahwa jajanan pasar itu murah, alami dan sehat. 

Alhasil, jajanan pasar masih terus dicari oleh banyak orang hingga puluhan tahun. Buatlah konsep produk Anda tersebut semacam itu, selalu dicari oleh pelanggan semua usia. 

  • Buat Konsep “Pejuang Recehan” 

Pejuang recehan itu sangat berharga, buatlah mindset semacam itu agar Anda memperhatikan setiap rupiah yang hadir. Jangan sepelekan uang Rp. 1000 karena nilainya yang begitu kecil, bayangkan saja untuk satu produk yang laku dengan laba seribu dikalikan 100 buah maka terlihat Rp. 100.000. Laba kemudian dikalikan dalam waktu sebulan akan nampak berapakah uang yang terkumpul. Jika Anda menjual produk lainnya lagi maka akan semakin menggunung ya. 

Ada 8 rahasia bisnis modal kecil bisa terus eksis ya, nah sekarang kita lihat referensi bisnis modal kecil apa yang bisa Anda pakai. 

1. Bahan mentahan, seperti sayuran dan bumbu

Bahan tersebut akan selalu dicari oleh orang karena setiap harinya semua orang butuh makan. Hanya saja, persaingan dalam menjual bahan baku semacam ini cukup tinggi, laba yang dihasilkan juga tidak banyak, kisaran Rp. 500-Rp. 1000. 

2. Data internet

Saat ini kita masih sekolah di rumah dan mengAndalkan ponsel untuk melakukan daring (belajar online). Anda bisa menjadi penjual data internet untuk lingkungan sekitar. Tak perlu mahal, asalkan cepat laku, tetap yakin bahwa data internet yang Anda jual laku kendati pihak pemerintah telah menyediakan kuota belajar. 

3. Jasa salon 

Jasa potong rambut juga termasuk potensi lumayan, sekali potong rambut Anda bisa meraup Rp. 10.000. Apabila dalam sehari ada 5 orang saja maka jelas Rp. 50.000 sekali dapat. 

4. Angkringan atau warkop 

Tahukah Anda jika saat ini menikmati kopi ala cafe bisa di rumah lho!

Banyak petani kopi sedang memanen dan mengemasnya lalu menjualnya dalam harga yang relatif terjangkau. Kopi sedang tren sekali, Anda bisa maksimalkan. 

5. Menjadi selebgram

Banyak aplikasi hiburan seperti tik tok, snack video, youtube, instagram dan sebagainya. Mulai mencoba saja keberuntungan dalam masuk ke sana, akan lebih bagus jika Anda mendapatkan endorse sebuah produk. Anda hanya perlu memposting konten yang menarik dan unik, perbanyak kontak agar semua orang bisa mudah menonton. 

Menjalani usaha kecil tetap memiliki kendala, salah satunya adalah ketersediaan lahan untuk menjalankan atau lapak. Kendala lainnya yang harus Anda pikirkan adalah hutang konsumen, harga produk meroket, pengiriman tertunda, cuaca alam serta keinginan konsumen yang beragam. Jangan pernah putus ada dengan kondisi sekarang karena yakinlah setiap usaha pasti ada hasil meskipun tidak banyak. Lihat setiap peluang yang ada, jika Anda menjual produk makanan bisa juga menjual produk tambahan lainnya. Selalu percaya diri dengan apa yang Anda usahakan.

Tinggalkan komentar