Trading Saham : Pengertian dan Langkah untuk Pemula

Trading Saham : Pengertian dan Langka untuk Pemula

Trading saham adalah salah satu bentuk investasi yang dilakukan dengan prioritas keuntungan jangka pendek bukan jangka panjang. Jenis investasi ini bisa sangat berisiko. Akan tetapi jika kamu memulai trading saham dengan pengetahuan yang baik, keuntungan besar berlipat bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Trading saham vs investasi saham

Sebelum kita mulai memahami trading saham, pertama kita bedakan dahulu mengenai trading dan investasi. Banyak orang berpikir bahwa kedua hal ini adalah hal yang sama. Tapi, sesungguhnya kedua jenis trading ini sangat berbeda.

Trading saham sangat berbeda dengan investasi saham. Trading saham dilakukan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek. Bedanya dengan investasi saham adalah kegiatan jual beli saham untuk tujuan keuntungan jangka panjang.

Trading saham dilakukan dengan membeli dan menjual saham dalam waktu menit, jam, hari, minggu hingga bulanan. Dalam waktu yang pendek inilah, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Oh ya, bukan hanya memiliki potensi keuntungan besar, trading saham juga bisa membuat kamu mendapatkan kerugian besar lho!

Bedanya dengan investasi adalah kegiatan investasi dilakukan dengan membeli saham kemudian membiarkannya dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya investasi saham dilakukan selama minimal 10 tahun untuk bisa mendapatkan keuntungan.

Investasi saham memang lebih minim resiko, apalagi jika kamu melakukan riset dengan baik. Akan tetapi dalam artikel ini kami tidak akan membahas mengenai investasi saham, melainkan trading saham.

Apa itu kegiatan trading saham?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, trading saham memanfaatkan periode waktu yang sangat pendek mulai dari harian, mingguan atau dalam hitungan bulanan. Dalam periode yang sangat pendek ini, para trader akan membeli saham lalu menjualnya di saat yang tepat. Trading ini memanfaatkan fluktuasi harga saham tiap harinya.

Jika kamu melakukan analisa dengan baik, kamu bisa membeli saham dengan harga yang sangat rendah dan menjualnya kembali saat harga sedang ada di puncak. Akan tetapi jika kamu salah memilih saham untuk di trade, harga saham bisa turun terus menerus setelah kamu beli. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan kerugian.

Jenis dari trading saham

Jika dilihat dari aktivitasnya, trading saham bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Active trading 

Active trading adalah sebuah kegiatan trading yang dilakukan oleh seorang trader dengan menempatkan setidaknya 10 trading setiap bulannya. Jual beli saham jenis ini biasanya hanya dilakukan berdasarkan para timing marketing. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan event penting dari sebuah perusahaan dan mengubahnya menjadi keuntungan.

2. Day trading 

Konsep day trading mirip dengan active trading yaitu melakukan jual beli saham dalam kurun waktu atau periode waktu yang sempit. Hanya saja biasanya trading yang dilakukan dengan tipe ini memang membutuhkan waktu yang lebih sempit. Biasanya day trading dilakukan dalam waktu maksimal 1 hari saja. Ada yang melakukan jual beli dalam kurun waktu jam atau kurun waktu menit.

Kedua trading di atas bisa membantu kamu untuk mendapatkan banyak profit, akan tetapi jika tidak dilakukan dengan baik dan benar, kamu bisa kehilangan uang kamu. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin belajar melakukan trading saham. Berikut ini adalah beberapa tips trading saham untuk pemula.

Cara melakukan trading saham

Jika kamu tertarik untuk melakukan trading saham, sebagai pemula kamu harus tahu langkah-langkahnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah memulai trading saham yang bisa kamu lakukan.

  • Membuat akun broker 

Untuk memulai trading saham, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun broker. Akun broker ini digunakan untuk menampung dana yang akan kamu dapatkan untuk melakukan investasi dan juga untuk menampung hasil investasi kamu.

Jenis akun ini adalah akun khusus yang hanya bisa digunakan untuk melakukan investasi. Untuk mendapatkan akun broker ini, kamu bisa mencari broker yang terpercaya dahulu. Jika ingin lebih cepat, cari jasa broker online.

Apakah saya harus langsung melakukan investasi jika sudah memiliki akun ini? Jawabannya tidak! Kamu bisa memulai trading ini kapanpun kamu siap. Baik siap secara mental maupun siap secara keuangan. Yang penting buka dulu! Agar kamu bisa mulai trading kapan pun kamu mau.

  • Set budget

Baik untuk pemula maupun untuk kaum trader yang sudah profesional, melakukan budgeting biaya untuk trading saham adalah hal yang wajib dilakukan. Biasanya mereka yang sudah profesional akan menggunakan 10% dari aset mereka untuk melakukan trading.

Banyak profesional yang menyatakan bahwa melakukan trading saham dengan budget lebih dari 10% dari aset bisa membahayakan dana simpanan kamu. Jadi akan lebih baik membatasi dana trading yang 10% dari aset yang kamu miliki.

Selain itu, ada beberapa hal yang wajib dan harus kamu hindari mengenai pembuatan budget untuk trading ini. Mulai dari menyiapkan dana dingin yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan risikonya yang tinggi, lakukan investasi dengan dana yang kamu yakin tidak akan menyesalinya jika dana ini hilang .

Jika kamu belum punya dana darurat, gunakan persentase kurang dari 10% untuk dana investasi. Tapi jika kamu sudah punya, kamu bisa gunakan persentase 10% hingga 15% dari pendapatan bulanan kamu untuk investasi ini.

  • Pelajari mengenai jenis-jenis order

Saat kamu sudah melewati 2 step di atas, langkah selanjutnya untuk melakukan investasi saham adalah memulai trading di website atau platform untuk trading. Di sini kamu akan dihadapkan dengan jenis-jenis order seperti market order dan juga limit order.

Market order adalah membeli atau menjual saham asap pada saat harganya masih menguntungkan atau guna meminimalisir kerugian. Sedangkan limit order adalah membeli atau menjual saham hanya saat nilai saham menyentuh nilai yang kamu inginkan.

  • Latihan dengan menggunakan akun trading virtual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, trading saham bukan hal yang mudah dan memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu, untuk memastikan kamu sudah siap dengan segala kegiatan trading ini, kamu bisa coba kemampuan kamu dengan menggunakan akun trading virtual.

Menggunakan akun trading virtual sangat cocok untuk berlatih karena di dalam latihan kamu bisa berpikir dengan lebih jernih dan mencoba membeli dan menjual saham dengan berbagai teknik dan order. Hal ini akan lebih menguntungkan karena kamu tidak perlu khawatir dengan resikonya.

Jika kamu mencoba trading dengan menggunakan akun latihan ini, uang yang kamu gunakan untuk investasi juga uang virtual sehingga tidak perlu khawatir uang ini akan hilang ya! Latihan saja sepuasnya.

Nah jika kamu sudah puas latihan dan sudah bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu bisa mulai sendiri kegiatan trading saham kamu. Sesungguhnya memahami trading saham adalah hal yang mudah. Hanya saja memang menentukan moment tepat menjual dan membelinya yang perlu di latih untuk bisa jadi trader yang handal.

Tinggalkan komentar